Gagasan Tertulis

KRITERIA PENGUSULAN

KRITERIA PENGUSUL

a. Peserta adalah tim yang terdiri dari mahasiswa baru (maharu) angkatan 2025 aktif program pendidikan Strata 1 (S1) di Universitas Surabaya;

b. Tim pengusul terdiri dari 3-5 mahasiswa aktif dengan susunan berupa 1 mahasiswa sebagai ketua dan 2-4 mahasiswa sebagai anggota;

c. Nama-nama pengusul (ketua dan anggota) harus ditulis lengkap sesuai dengan nama mahasiswa yang terdaftar di Universitas Surabaya;

PERSYARATAN PENGUSUL

a. Mengisi formulir pendaftaran dengan benar dan lengkap;

b. Foto / screenshoot KTM UBAYA ATAU foto KTP (jika trainer eksternal UBAYA);

c. Pas foto terbaru memakai baju berkerah dengan ukuran 4 x 6 (latar polos).

TATA CARA PENDAFTARAN

Formulir pendaftaran dapat diisi pada google form: https://forms.gle/YfhBNj35ybwsKuZ9A. Batas maksimal pendaftaran, yaitu pada tanggal 29 Agustus 2025 pkl 21.00 WIB.

SISTEMATIKA PENULISAN

Tema: Eco Living (SDG poin 12)

1. Gagasan tertulis yang diusulkan merupakan karya orisinil, belum pernah dipublikasikan, akan dipublikasikan, diikut sertakan dalam perlombaan, dan tidak boleh mengambil milik orang lain.

2. Gagasan tertulis yang diusulkan tidak boleh mengandung unsur SARA, provokatif, maupun hal-hal yang dapat menyinggung pihak tertentu.

3. Judul tidak diperkenankan menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan menggunakan maksimum 20 (dua puluh) kata.

4. Isi utama artikel dikemas dalam bentuk berkas pdf. Terdiri dari:
a. Daftar Isi diberi nomor halaman dengan huruf: i, ii, iii, ..., yang diletakkan pada sudut kanan bawah. Penomoran halaman i dimulai dari Daftar Isi.
b. Bagian Inti halaman yang memuat isi keseluruhan artikel dari halaman pendahuluan sampai dengan halaman akhir daftar pustaka. Bagian Inti memuat minimum 8 (delapan) dan maksimum 15 (lima belas) halaman. Bagian Inti dan lampiran diberi nomor halaman dengan angka arab: 1, 2, 3, ..., yang diletakkan pada sudut kanan atas. Penomoran halaman 1 (satu) dimulai dari Bab Pendahuluan.
c. Lampiran

5. Isi utama artikel ditulis dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Tipe huruf menggunakan Times New Roman ukuran 12.
b. Teks paragraf menggunakan jarak baris 1,15 spasi dan perataan teks menggunakan rata kiri dan kanan.
c. Layout menggunakan ukuran kertas A-4, satu kolom, margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm.
d. Jumlah Bagian Inti dari “Pendahuluan” hingga “Daftar Pustaka” adalah 8-15 halaman.

6. Format penulisan isi utama artikel sebagai berikut:
DAFTAR ISI
BAB 1. PENDAHULUAN
Bagian Pendahuluan menguraikan latar belakang yang mengungkap tentang situasi dan kondisi bangsa, negara yang menjadi alasan mengangkat gagasan (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung). Bagian ini juga mengungkap tujuan dan manfaat yang ingin dicapai. Pada bagian ini, solusi solusi terkait sebelumnya beserta keterbatasannya perlu dipaparkan. Sehingga ide dapat menjadi solusi terbaik.
BAB 2. GAGASAN
Bagian gagasan berisi uraian tentang:
a. Latar belakang Pemicu gagasan (diperoleh dari fenomena sosial budaya masyarakat di semua strata dan tatanan kehidupan, yang didukung oleh sumber-sumber terpercaya).
b. Tawaran solusi yang terkait dengan permasalahan yang diangkat.
c. Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu dan akan dilibatkan untuk mengimplementasikan gagasan dan peran atau kontribusi masing-masingnya.
d. Langkah-langkah strategis dan linimasa dalam merealisasikan gagasan sehingga dampak sistemik yang diharapkan dapat tercapai.
BAB 3. KESIMPULAN
a. Memuat gagasan yang diajukan.
b. Cara merealisasikannya dan berapa lama waktu yang diperlukan.
c. Prediksi dampak gagasan bagi masyarakat atau bangsa.
DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka ditulis dengan tipe huruf Times New Roman ukuran 12 cetak normal. Teks menggunakan jarak baris 1,15 spasi dan perataan teks menggunakan rata kiri dan kanan dengan ketentuan baris kedua dan setelahnya menjorok ke dalam. Daftar Pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar Pustaka, dan sebaliknya. Format perujukan pustaka mengikuti Harvard style (nama belakang, tahun dan diurutkan berdasar abjad).
LAMPIRAN
Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota
Lampiran 2. Susunan Tim Pengusul dan Pembagian Tugas
Lampiran 3. Surat Pernyataan Ketua Tim Pengusul
Lampiran 4. Hasil Uji Periksa Similaritas Proposal (Turtitin, iThenticate atau yang lainnya) dengan indeks similaritas maksimum 25%

7. Menggunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku yang tertuang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). tanpa kesalahan penulisan dan tidak menggunakan singkatan, seperti “tdk”, “tsb”, “yg”, “dgn”, “sbb”, “dll”;

8. Penggunaan bahasa asing dan istilah diketik dengan font style italic.

9. Referensi WAJIB berasal dari artikel penelitian/jurnal ilmiah (tahun terbit tidak boleh lebih dari 10 tahun atau maksimal tahun 2014) dan tidak boleh menggunakan artikel, seperti blogspot, wordpress, wikipedia.

MEKANISME PENGUMPULAN

1. Soft file proposal dan PPT dalam bentuk PDF dikumpulkan maksimal tanggal 13 September 2025 pukul 21.00 WIB pada link berikut sesuai folder kontingen: https://drive.google.com/drive/folders/1nK5xeOOdAEI81uTzE5A6lo2f58x0GNI2?usp=sharing dengan format nama file: Proposal/PPT_Kontingen. Contoh: Proposal_Akasa

2. Pengumpulan proposal maupun file untuk presentasi yang tidak sesuai ketentuan, maka tidak akan diterima oleh panitia.

MEKANISME PRESENTASI

REGISTRASI ON DESK

1. Peserta, koorcab, dan trainer WAJIB melakukan registrasi 30 menit sebelum lomba dimulai dengan membawa KTM dan KTP.

2. Peserta, koorcab, dan trainer WAJIB mengenakan baju berkerah, jas almamater Universitas Surabaya (khusus internal UBAYA), celana panjang (tidak diperkenankan menggunakan ripped jeans atau legging) dan bersepatu.

PRESENTASI GAGASAN TERTULIS

1. Setelah melakukan registrasi, semua anggota dari masing-masing kelompok peserta tetap berada di ruangan PS 03.02 dan menyaksikan presentasi kelompok lain.

2. Setiap kelompok diperbolehkan membawa maksimal 5 supporter.

3. Setiap kelompok hanya boleh membawa 1 koorcab dan 1 orang trainer.

4. Koorcab dan trainer diperbolehkan menemani saat anggota kelompok presentasi.

5. Peserta WAJIB mengenakan ID card selama presentasi berlangsung.

6. Peserta WAJIB menggunakan materi presentasi yang telah diserahkan pada panitia sebelumnya.

7. Peserta WAJIB menggunakan laptop yang sudah disediakan panitia.

8. Peserta memulai presentasi setelah dipersilahkan juri/MC.

9. Peserta menyampaikan presentasi selama 10 menit dan 10 menit tanya jawab atau feedback dari juri.

10. Panitia akan memberikan signage bila waktu presentasi telah mendekati batas waktu yang telah ditentukan, yakni 10 menit dan panitia berhak memotong presentasi kelompok yang melebihi batas waktu 10 menit.

11. Peserta dan supporter WAJIB menjaga kelancaran dan ketenangan selama berlangsungnya presentasi.

12. Peserta diharapkan menonaktifkan telepon genggam selama acara berlangsung.

13. Setiap pelanggaran terhadap peraturan yang telah ditetapkan akan dikenakan sanksi berupa pengurangan poin pada kontingen yang bersangkutan.

JADWAL LOMBA

Hari, Tanggal Jam Lokasi
Sabtu, 20 September 2025
08.30 – 13.00
PS 03.02/ Pascasarjana FBE