Rector Cup Hari 1

Rektor Cup hari pertama, tanggal 8 Agustus 2018, hari di mana seluruh fakultas di UBAYA mengikuti pertandingan pada berbagai bidang, baik pada bidang seni, olahraga, performa, musik, dan sebagainya. Selain bertanding, rector cup ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antar seluruh fakultas yang ada di UBAYA melalui berbagai pertandingan yang sengit. Salah satu pertandingan yang diadakan hari ini adalah olahraga catur. Catur termasuk ke dalam bidang olahraga pada rektor cup walaupun tidak melakukan aktifitas fisik yang berlebihan karena olahraga ini mengasah otak dari pada fisik. Catur ini merupakan pertandingan antara dua pihak yang menggerakkan bidaknya untuk memakan raja dalam permainan tersebut.

Pada pertandingan ini seluruh fakultas mengikuti pertandingan, kecuali fakultas kedokteran dan FIK. Jadi akan terdapat 6 tim fakultas yang bertanding 1 sama lain. Dari 6 tim yang ada, setiap tim terdapat 5 peserta yang melawan 1 sama lain setiap fakultas, serta coach dari fakultas yang membimbing peserta petanding maharu. Jika menang maka tim mendapatkan 1 poin, kalah mendapatkan 0 poin, dan remis(seri) mendapatkan setengah poin.

Sebelum dimulai para peserta latihan 1 sama lain terlebih dahulu. Kemudian setelah semua peserta yang hadir telah lengkap, maka sambutan akan dimulai. Nantinya akan dijelaskan mengenai peraturan-peraturan yang berlaku, larangan, serta penjelasan detail mengenai olahraga otak ini. Setelah itu para perserta bersiap-siap duduk di tempatnya masing-masing untuk bertanding.

Pada pertandingan ini, terdapat pertandingan yang berlangsung dengan cepat, ada juga yang lama tergantung dari pemainnya. Para peserta lain yang tidak bertanding saat ini diharapkan untuk tetap tenang agar pertandingan dapat berlangsung dengan kondusif. Pada pertandingan babak awal dilakukan pertandingan antara tim FBE vs Farmasi, Teknik vs Bioteknologi, dan Hukum vs Psikologi.

Babak kedua pertandingan dilakukan antara fakultas FBE vs Teknik, Psikologi vs Bioteknologi, dan Farmasi vs Hukum, dan pertandingan pun selesai hingga babak ke dua pada hari pertama dan untuk babak selanjutnya akan dilanjutkan pada hari kedua (wl).