Opening Ceremony MOB Fakultas UBAYA 2017

Sabtu, 5 Agustus 2017 para MAHARU mulai mengikuti kegiatan MOB 2017 tingkat Fakultas. Seusai flash mob dan melakukan konfigurasi bendera merah putih serta HUT UBAYA ke 50 tahun, para MAHARU diajak berkumpul ke fakultasnya masing-masing. Dalam kegiatan MOB ini, seluruh acara dan peraturannya bergantung pada pihak Fakultas. Semuanya dirangkai sesuai dengan lingkungan dan keunikan tiap Fakultas di UBAYA.

Di Fakultas Psikologi, para MAHARU berkumpul di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi (SGFP). “Tema kita tahun ini adalah Psychogeneia. Psycho itu Psikologi dan Geneia berasal dari kata Oikogeneia yang artinya keluarga.  Ada 3 nilai yang akan kita proses selama MOB ini yaitu Trust, Openness, dan Tolerate. Semoga temen-temen bisa menghayati ketiga nilai ini dan berproses secara maksimal,” sapa Sita Saraswati selaku Ketua MOB Fakultas Psikologi UBAYA 2017.

Pada hari pertama MOB Fakultas Psikologi UBAYA, para MAHARU mendapatkan materi seputar VARK yakni metode belajar paling efektif bagi seseorang. Adapula penjelasan mengenai kurikulum, akses informasi tentang jurnal, dan administrasi akademik. Materi ini disampaikan oleh beberapa Dosen Fakultas Psikologi. Selama sesi ini berlangsung, para MAHARU mendengarkan dan mencatat setiap informasi penting yang dijelaskan. Para MAHARU juga diajak mengikuti kegiatan rally fakultas yang bertujuan untuk mengenalkan Fakultas Psikologi. Tak ketinggalan, MAHARU turut melakukan pencarian biodata para mahasiswa seniornya. Hal ini dapat menanamkan nilai keterbukaan dan toleransi serta mendekatkan para MAHARU dengan seniornya.

Berbeda halnya dengan Fakultas Farmasi, Ni Luh Putu Evayanti selaku Ketua MOB Fakultas Farmasi UBAYA 2017 menjelaskan, “Ada 3 materi yang akan kita berikan kepada para MAHARU diantaranya: kebangsaan, informasi akademik di fakultas, dan perangkat pembelajaran. Untuk hari pertama, materi yang dijelaskan ialah kebangsaan. Setelah itu, akan ada bonding game, dimana para MAHARU akan mendapat clue dan mencari panitia yang dimaksud. Panitia yang berhasil ditebak akan diajak foto selfie bersama dan hasil fotonya di-upload pada media sosial”.

    

Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Proud To Be A Great Pharmacist”. Konsep opening ceremony yang ditampilkan pun berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun lalu menggunakan balon, kali ini opening ceremony dilakukan dengan melepaskan burung merpati. Ni Luh Putu Evayanti berharap, “Semoga para MAHARU dapat beradaptasi dengan lingkungan fakultas. Apa yang kita ajarkan di MOB, harapannya dapat diterapkan saat perkuliahan berlangsung”.

 

Di Fakultas Teknobiologi, acara diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknobiologi, Ketua Pelaksana MOB Fakultas Teknobiologi, dan Ketua Umum MOB Fakultas Teknobiologi. Pembukaan MOB ini diresmikan dengan penyematan pita berwarna hijau fluorescene kepada 2 MAHARU dan pembukaan banner MOB Fakultas Teknobiologi. Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan panitia, dosen, dan karyawan, serta peragaan yel-yel fakultas. Para MAHARU juga mendapatkan materi seputar kurikulum Fakultas Teknobiologi yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknobiologi, Kepala Prodi Magister Teknobiologi, dan Kepala Program Bionutrisi dan Inovasi Pangan. Berikutnya para MAHARU diajak mengikuti kegiatan rally ormawa guna mengenalkan ormawa di Fakultas Teknobiologi.

Sedangkan, MOB Fakultas Teknik diawali dengan “Pengenalan Jurusan” oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik yaitu Djuwari, S.T., Ph.D. Adapula penjelasan seputar penggunaan website perwalianft, UBAYA Learning Space (ULS), dan beberapa website yang akan digunakan selama perkuliahan. Dilanjutkan dengan perkenalan setiap Fakultas oleh Dosen Fakultas masing-masing. Berikutnya, Rally Fakultas diadakan untuk mengenalkan berbagai gedung Fakultas Teknik, laboratorium, lab komputer, ruang design, dan lain lain.

Serah terima MAHARU ke Fakultas Industri Kreatif diawali dengan sambutan oleh Kumara Sadana Putra, S.Ds., M.A selaku Ketua Panitia MOB Fakultas Industri Kreatif . Dilanjutkan dengan rally fakultas yang berlokasi di sekitar gedung PE dan PB. Para MAHARU diajak bermain mini games yang mengasah otak dan melatih kerjasama antar anggota kelompok.

Kegiatan MOB Fakultas Hukum hari pertama diisi dengan pemberian materi kepada para MAHARU yang disampaikan oleh Dr. Yoan Nursari Simanjuntak, S.H., M.Hum. selaku Dekan Fakultas Hukum,  Dr. Go Lisanawati, S.H., M.Hum. selaku Wakil Dekan I Fakultas Hukum serta Dr. Elfina Lebrine Sahetapy, S.H., LL.M. selaku Wakil Dekan II Fakultas Hukum.  Materi tersebut menjelaskan tentang sejarah, visi misi serta struktur organisasi Fakultas Hukum.

Tak hanya itu saja, opening ceremony MOB Fakultas 2017 juga dilakukan di Fakultas Bisnis & Ekonomi dan Fakultas Kedokteran. Segala kegiatan yang dilakukan pun bertujuan untuk mengenalkan MAHARU dengan fakultasnya. Dengan begitu, para MAHARU diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan di UBAYA.

Hari Senin, 7 Agustus 2017 para MAHARU kembali mengikuti hari kedua MOB Fakultas UBAYA 2017. Beberapa fakultas telah menyiapkan serangkaian acara seru untuk memperkuat solidaritas para MAHARU di fakultasnya. So, let’s prepare yourself to get the unforgettable experience! (slr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *