UBAYA Kobarkan Semangat MAHARU Melalui Motivasi “Semangat Nusantara”

Memasuki hari kedua MOB UBAYA 2017, para MAHARU terlihat bersemangat memasuki area Lapangan Depan Perpustakaan, UBAYA Tenggilis. Kamis, 3 Agustus 2017 tampak formasi barisan yang berbeda dari sebelumnya. Para mahasiswa pendamping (maping) dan MAHARU berbaris membentuk formasi huruf U dan mengelilingi tengah panggung.

Pagi ini, MAHARU diajak untuk mendengarkan orasi yang dibawakan oleh Dr. Bonnie Soeherman S.E., M.Ak. Salah seorang Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomi ini membeberkan tips dan trik bagi mahasiswa untuk menjalani hidup yang lebih baik.

Diawali dengan mengundang 3 orang MAHARU secara acak untuk berdiri di atas panggung, Bonnie menanyakan beberapa hal seputar perasaan, pesan dan kesan MOB hari pertama, hingga harapan saat berkuliah di UBAYA. Sebagian besar MAHARU menjawab bahwa mereka ingin lulus lebih awal yakni 3,5 tahun. “Orang tua kalian ingin agar anda menjadi lulusan dengan predikat terbaik dan menjadi kebanggaan keluarga. Jadilah orang yang dapat sukses dan berhasil dalam hidup ini,”terang Bonnie.

     

Ia juga menambahkan, “Ada 3 fase kehidupan manusia yaitu dependent, independent, dan interdependent”. Saat masih kecil, kita berada dalam fase dependent, dimana semua kegiatan kita bergantung pada orang lain. Berjalannya waktu, kita akan masuk dalam tahap independent dengan melakukan segala aktivitas secara mandiri. Selanjutnya, kita akan membutuhkan bantuan orang lain untuk menyempurnakan hidup kita, inilah tahap interdependent.

Bonnie turut memberikan 8 tips untuk menjadi orang yang berhasil. Terdapat 3 tips awal yang akan mengantarkan kita dari fase dependent menjadi independent diantaranya: proaktif, memiliki tujuan hidup, dan mengatur prioritas. Berikutnya kita perlu menerapkan “Win-Win Solution” dengan cara berusaha mencari jalan keluar saat menghadapi masalah tanpa menyinggung perasaan orang lain. Kita juga harus menumbuhkan rasa empati terhadap segala perbedaan di sekitar kita, entah suku, ras, agama, maupun golongan. Tidak hanya kenal siapa saja, tapi kita harus mampu bekerjasama dengan siapapun.

Untuk menjadi manusia interdependent, memberi dan bersyukur ialah kunci awal yang harus dipegang. Terakhir, kita perlu mengulang ketujuh tips sebelumnya hingga menjadi kebiasaan. Dengan melakukannya terus menerus, kita akan terbiasa menjalani hidup dengan penuh kedisiplinan.

Di akhir orasinya, Bonnie memberikan pesan kepada para MAHARU. “Menyenangkan orang tua itu cuma sekali. Memberikan yang terbaik untuk dunia juga hanya sekali. Oleh sebab itu, lakukanlah yang terbaik dan tetap berpikir positif,” tutup Bonnie. (slr)