UBAYA Bekali Mahasiswa Baru dengan Ilmu Softskill

Setelah mengikuti upacara pembukaan MOB UBAYA 2017, kini para MAHARU akan dibekali dengan beberapa materi penting seputar UBAYA . Sebelumnya, para MAHARU telah terbagi dalam kelompok besar yang berisikan sekitar 20 MAHARU . Kelompok-kelompok ini diberi nama sesuai dengan nama pahlawan daerah di Indonesia.

Sebanyak dua hingga tiga kelompok besar tersebut akan berkumpul dalam satu ruangan dan mengikuti dua sesi materi. Ruangan kelas yang dipakai tersebar di beberapa fakultas seperti Fakultas Teknik, Hukum, Bisnis dan Ekonomika, dan seterusnya. Materi-materi ini dibawakan oleh para dosen dari berbagai fakultas di UBAYA.

Materi pertama yakni, “Mengenal UBAYA” membahas seputar sejarah, lambang, visi, misi, dan nilai budaya di UBAYA. Adapula penjelasan mengenai 3 Fakultas pertama yang ada di UBAYA diantaranya, Fakultas Farmasi, Hukum, Bisnis dan Ekonomi. “UBAYA menganut prinsip Lis volat Propriis. Artinya UBAYA memiliki semangat untuk membangun kemampuan organisasi secara mandiri. Hingga akhirnya UBAYA dapat menjadi Perguruan Tinggi Swasta dengan akreditasi A. Oleh sebab itu, belajarlah untuk memberi yang terbaik dan totalitas,” jelas Dr. Elfina Lebrine Sahetapy, S.H., LL.M., Wakil Dekan II Fakultas Hukum yang menjadi salah seorang pembicara.

Seusai rehat sejenak, para MAHARU kembali dibekali dengan materi baru yang tidak kalah menarik. Kali ini materi tentang kompetensi softskill menjadi bahan penting yang wajib diberikan. Hal ini sesuai dengan pesan Rektor UBAYA kepada MAHARU mengenai pentingnya softskill yang harus dimiliki oleh mahasiswa.

UBAYA mengimplementasikan pembentukan kompetensi softskill dalam Peraturan Rektor Universitas Surabaya No. 454 Tahun 2013. Terdapat sembilan kompetensi softskill, diantaranya manajemen diri, keterampilan berfikir, belajar sepanjang hayat, komunikasi, kerjasama dalam kelompok, keterbukaan terhadap keberagaman, integritas, keterampilan berorganisasi, dan kepemimpinan. Seusai mengikuti sesi materi, para MAHARU akan menjalankan Istirahat, Sholat, dan Makan (ISHOMA). (slr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *